aialdblog

Monday, January 29, 2007

A to tha L to tha G to tha I to tha E to tha R……


Jumat, 26/01/07

Algier….. Yang teringat langsung si Zizou yang juga berarti si kucing putih dalam bahasa Prancis, secara di depan gue ada orang duduk di bangku pesawat, dan postur ama cukurnya mirip doi. Kali aja bener doi, mo ke Algier buat nengok moyangnya J, pikir gue. Waktu doi balik, ternyata bukan. Lumayan kann…kalo betul doi. Soalnya tuh orang minta pinjem pulpen buat ngisi arrival card. Hehh….batal deh minta autograph ato foto bersama. Arman…Arman….Zizou tuh kalo pergi kemana2 pake pesawat pribadi lagi…. Mana mau doi naik Alitalia kayak lu!!!

Belum habis kagum gue dengan bandara Fiumicino tempat transit di Roma yang punya train penghubung dari Duty Free setelah security area menuju Boarding Gate yang jumlahnya bejibun, sekarang tiba di bandara Algier saya tidak mengharapkan akan menjumpai bandara yang cukup representatif juga. Ternyata emang `baru´ dibuka 5 July lalu – bertepatan dengan hari kemerdekaan mereka- setelah menjalani masa 20 tahun konstruksi dan menghabiskan 50 billion rupiah eh …dollar (cukup niat juga nih), dan sanggup menampung 2,3 juta penumpang. Jumlah check in counternya sih gila….ada 63. Kalo salah informasi t4 check in, bisa lumayan gempor juga tuh kaki…. Tapi lucunya tempat cuci mata alias Duty Free Shop yang baru buka cuma 3, 2 diantaranya adalah kafe!!. Modelnya nyontek dari bandara Frankfurt. Bandara Mohammed V Maroko ama Carthage Tunis tetangga mereka sekarang kalah keren dari yang satu ini. Tapi jangan takut Cengkareng dan Hasanuddin-ku !! Bagiku kalian adalah the most wanted airport to see whatsoever..he..he.

Setelah turun, semua plang ternyata hanya dalam huruf Arab gundul dan bahasa Perancis. Mulai dari Sortie sampai réclamation de bagages. Dari satu sisi ini gue cukup salut, soalnya mereka turut ngambil (baca mewarisi) bahasa mantan penjajahnya dulu. Nggak kayak kita, yang sangat tinggi nilai nasionalismenya dan enggan mewarisi bahasa mantan penjajah kita dulu….Coba kalo tau persaingan global akan makin ketat seperti sekarang ini….mungkin sambil berperang dulu, pejuang kita akan sempatkan diri kursus Londo situ, dan ngajarin anaknya pade. Sekalian bisa jadi nilai tambah untuk jadi mata-mata demi mengetahui strategi mereka kan ?

Shuttle bus Hilton cuma makan waktu 10 menit untuk tiba ke pelataran hotel. Di jalan ada papan reklame dengan gambar plontos Zidane. Ternyata iklan operator telepon seluler NEDJM. Bunyinya:

Nuhibbuha, wa nuhibbu man yuhibbuha….

Artinya kira2: Kami menyukainya, sebagaimana kami menyukai yang menggemarinya.


Tiba di hotel, Check in, minta kamar yang ada koneksi internetnya -biar gampang bikin laporan dan sekalian bisa browsing blog- , langsung mandi dan ganti baju. Yang mengherankan, di kamar Hotel Hilton di negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam ini, gue sempet bingung nyari arah kiblatnya. Liat langit-langit, buka semua laci, nggak ada. di kamar mandi juga apalagi…Terpaksa minta bantuan Housekeeping untuk itu.

Cuci muka, turun ke lobbi buat nunggu rekan dari Tunis untuk diskusi jadwal meeting keesokan harinya, trus langsung makan malam larut. Pilih yang cepat aja, Tanjine seafood, kayak gorengan isi seafood gitu sebagai appetizer, dan lamb skewer sebagai main coursenya. Kita jadi tamu terakhir jam 12.00, untungnya nggak dimintai tolong nyusun meja dan kursinya.

Langsung tidur malam itu setelah nelpon ke rumah ngasih dan nyari kabar adalah satu-satunya pilihan. Apalagi channel yang berbahasa Inggris cuma EuroSport News.


Sabtu, 27/01/07

Hari ini semuanya berjalan alot sebagaimana sudah diprediksi. Besok, semoga semuanya lancar-lancar aja. Mo cepat pulang ajah. Nggak sightseeing juga nggak apa-apa, berhubung situasi Algier emang lagi (selalu) siaga karena civil war oleh militan yang baru relatif mereda setelah berlangsung satu dekade lalu. Tadi pulang dari kantor proyek, cuma sempat liat Martyr monument, tempat para martir pejuang kemerdekaan tanpa nama. Dari segi desain bentuknya tidak lebih bagus dari Monas. Terlihat sebagai tugu yang terdiri dari tiga batang pohon palem mengapit eternal flame. Lalu ada Grande Porto, benteng di ketinggian dengan motif mozaik di dindingnya. Dari atas sini keliatan hampir seluruh wilayah Algier.

Mo kemana-mana di Algier disarankan harus ditemani ama yang tau lokasi. Di sudut2 jalan memang terlihat polisi siaga dengan senjatanya untuk menghindari acts of violence, indiscriminate attacks, bomb raids on villages or vehicle-jackings. Oh ya……pernah bahkan ada kejadian tertembaknya turis jerman yang mengendarai mobil tapi disangka oleh polisi adalah rebel atau imigran militant. Ternyata di Algier, kalo malam hari melewati jalan yang dijaga barikade polisi, pengemudi harus menyalakan lampu bagian dalam mobil, dan mematikan lampu sorot. Sang turis tersebut nggak tau peraturan ini, jelas aja menyalakan lampu sorot dan nggak menyalakan lampu bagian dalam mobil. Dia pikir ngapain juga mobil di depannya jalan kayak akuarium…. Diperingati doi nggak ngeh….akhirnya ditembaklah sang turis. Tragis heh……


Ahad, 28 Jan 2007

Meeting terakhir berjalan cepat tanpa hambatan. Pukul 13.45, menit taxi yang kami tumpangi meluncur ke bandara. Habis check di counter 1A, waktu masih tersisa 2 jam sebelum jadwal terbang 17.35. Dufree buat cuci mata baru 4 yang buka, 3 diantaranya adalah café. Rencana beli merchandise Algier ‘gatot’ karenanya.

O ya….Sempat ada kejadian menegangkan gua di airport. Secara saat security check in sebelum boarding, petugas yang bertugas ternyata jeli melihat kalo masa berlaku visa Algier gue baru efektif tanggal 3 Feb nanti. Lho…kok…gue nggak ngeh, apalagi petugas yang menstempel paspor gue saat masuk dua hari yang lalu. Gue lantas ingat kalo waktu ngajuin aplikasi visa tgl 21 Jan lalu, gue nulis kira2 tgl keberangkatan adalah 3 Feb. Soalnya informasi dari bagian visa kantor, bilangnya visa baru selesai sekitar 10 hari dari pendaftaran.

Lantas gue coba ngeles…

Come on man, anyway I’m leaving this country, and I was not involved in any of criminal acts during my stay…. (Iyalah…orang baik ini!)

Dipanggillah olehnya sang supervisor. Diskusi sebentar dalam bahasa Arab, sempat gue nangkap maksudnya kalo sang supervisor bilang bahwa itu kan bukan salah petugas dia, jadi sekarang biarin orang keren ini pergi, dan lu stempel, dan kasi catatan kalo visa itu harusnya berlaku mulai 3 Feb…. Gua langsung senyum dan ngacungin jempol ke dia.

OK…stempel….Takk…..

Baru jalan beberapa langkah, sang supervisor manggil lagi. Mr. Saleh!!!! Uppss ada apa lagi nih, pikir gue. Ternyata doi mo nanya… Emang lu bisa bahasa Arab? Gue jawab…iya…tapi sedikit ajah…. Oh….doi lalu ketawa, dan bilang Maas salamah….Lalu gue jawab Ilal Liqo'…. Ahhh ta’ pikir apa tadi, kirain mo minta tandatangan dan foto bersama….


Moral of the Story:

1. Kalo liat orang gundul dari belakang, tujuan Algier, itu belum tentu orbek (baca Zizou). Kali aja…ordinary Pak Ogah yang bakalan minjem pulpen lu…hehe…..

2. Kalo jalan ke negeri orang, cari informasi sebanyak2nya, formal ataupun non formal -biar selamat nggak kayak turis diatas- meski anda bepergian tidak dengan mas Slamet.

3. Oh…ya cek masa berlaku visa anda, biar nggak ketar ketir di airport saat pemeriksaan kayak orang keren diatas.

9 Comments:

  • At January 30, 2007 5:49 AM, Blogger blackpurple @ jowopinter said…

    Lawatan balas. Salam kenal orang jauh. :D

     
  • At January 30, 2007 4:53 PM, Blogger oka said…

    sibuk dengan perjalanan dinas rupanya, kalo aku diposisi seperti itu "gelap" de, pasti keringat dingin, pake acara manggil dua kali lage.

     
  • At January 31, 2007 2:44 AM, Blogger Leny Puspadewi said…

    Waduh ke Aljazair nih...gak ngeri ada konflik fisik lagi di sana? Tapi kalo baca ceritanya, hebat juga negerinya ga hancur...Coba Indonesia bisa gitu yak...(pembangunannya maksudnya)

     
  • At January 31, 2007 3:35 AM, Blogger NiLA Obsidian said…

    mas arman....
    lain kali kalo jalan2 ajak2 dong....

    hehehehe...
    tx udah mampir ke rumah ku yak....

     
  • At January 31, 2007 6:31 AM, Blogger Unknown said…

    ehmmmmmmmmmmmmmmmmmm, mauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu donkkkkkkkkkk diajakkkkkkkk,

     
  • At January 31, 2007 10:46 AM, Anonymous Anonymous said…

    wah..boleh juga nih jalan jalannya...hebat juga bapak yang satu ini....selain multinasional company juga mampu multibahasa...Go go go!
    Ada pengalaman cerita dari teman, saat ngeliat kertas bertuliskan arab gundul yang ketiup angin..langsung ditangkep dan disimpen ditasnya dengan rapih kirain potongan ayat suci, padahal sobekan tabloid heheheh

     
  • At February 03, 2007 5:36 AM, Blogger Afin Yulia said…

    waah, sampai ke algiers neeh, walah kalo kita sih jermannya masih jejere kauman alias dekatnya kauman, salam kenal pak

     
  • At February 04, 2007 2:58 AM, Blogger -Fitri Mohan- said…

    saya pecinta zizou sejati. dimanapun dia ada, pasti saya tonton. padahal saya bukan pecinta bola. hahaha.

    apa kabarnya? baik saja semoga. selamat berakhir pekan ya. salam untuk keluarga.

     
  • At February 16, 2007 11:42 PM, Blogger Tubagus Hanafi said…

    Lucu banget. Jadi ingat pengalaman naik haji barengan sama Zizou.

    Di Mina, ada beberapa teman saya yang sengaja berburu Zizou ke perkemahan Aljazair dan Perancis (krn gak jelas beliau pake kloter mana)..

    Dan jadilah semua orang gundul dan tinggi jadi korban colekan teman-teman saya itu sambil ber "Zizou? Zizou?"

    Sayang perjuangan mereka tidak membuahkan hasil.. tapi hikmahnya mereka jadi punya banyak teman orang Aljazair dari hasil colek-colekan tadi.. haha

    Salam kenal lagi Mas. Makasih dah mampir ke Blog saya..

     

Post a Comment

<< Home